Kota WONOSOBO

Rabu, 25 September 2013

                                       

kabupaten Wonosobo adalah tempat kelahiran saya. Kabupten Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Wonoosobo. kabupaten Wonosobo merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian 250 m sampai 2.250 meter diatas laut. Di Wonosobo terldapat dua gunung yaitu genung Sindoro (3.136 m) dan gunung Sumbing (3.371 m). Di Wonosobo juga terdapat dataran tinggi Dieng.
 
Di dataran tinggi Dieng juga terdapat berbagai tempat wisata. kawah Sikidang merupakan tempat wisata yang terletak di dataran tinggi Dieng, kawah sikidang adalah Sebuah semburan cairan abu-abu pekat disertai aroma belerang dan kepulan asap putih, akan tetapi asap yang keluar melalui kawah Sikidang tidaklah berbahaya bagi manusia. Telaga Warna juga merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di dataran tinggi Dieng. telaga warna adalah sebuah danau di pegunungan dieng yang mempunyai banyak warna seperti hijau, biru, dan ungu. hal tersebut terjadi karena perubahan suhu, cuaca, dan perubaha waktu. ada juga candi yang terletak di dataran tinggi dieng yaitu komplek candi arjuna. Kompleks Candi Arjuna adalah candi bercorak Hindu peninggalan abad ke-7 yang teguh menantang dinginnya cuaca di Dataran tinggi Dieng. komplek candi arjuna terletak pada ketinggian 2.903 m di atas pemukaan laut.
         
Wonosobo juga tekenal dengan makanan khasnya yaitu mie ongklok dan tempe kemul. mie ongklok adalah mie rebus khas Wonosobo. Mi rebus ini dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut loh. tempe kemul adalah tempe yang yang dilapisi tepung terus digoreng akan tetapi tepung tersebut sudah dicampur dengan bumbu dari rempah2 khas wonosobo sehingaa membuat tempe kemul itu meenjadi gurih dan enak. Wonosobo juga terkenal dengan wilayah yang menghasil,kan sayur-sayuran segar, seperti kol, bawang merah, bawang putih, kubis, padi, cabe,dan masih banyak lainnya.

itulah artikel tentang kampung halaman saya..
terima kasih....

0 komentar:

Posting Komentar